Selamat Datang

Terima kasih atas kunjungan anda


Jumat, 08 Mei 2009

Perlemahan-perlemahan yang terjadi pada rangka atap baja ringan

Perlemahan-perlemahan yang terjadi pada rangka atap baja ringan
Beberapa kelemahan-kelemahan yang sering terjadi pada rangka atap baja ringan antara lain sebagai berikut
1. Perlemahan Terjadi pada sambungan rangka atap baja ringan yaitu pada screw. Pada waktu penyambungan antara truss satu dengan truss yang lain pemasangan screw harus benar-benar kuat yang berarti tidak boleh kendor, tidak boleh berputar terus apabila berputar terus berarti drat screw baja ringan sudah rusak. Untuk idealnya pemakaian screw pada rangka atap baja ringan hanya sekali pengeboran. Untuk pemakain yang berulang tidak disarankan sebab kualitas screw sudah berkurang dan pengeboran jadi makin lama. Pemakain screw diharuskan memakai self drilling screw.
2. Jumlah screw yang terdapat dalam joint sambungan rangka atap baja ringan murah juga berpengaruh terhadap kekuatan rangka kuda-kuda baja ringan tersebut. Jumlah minimal yang terdapat pada joint sambungan dengn memakai screw 12 14 20 adalah 2 per joint, kami sarankan persambungan joint truss baja ringan minimal 3 buah screw, sedangkan untuk yang memakai screw yang lebih kecil disarankan lebih dari 2. Jumlah screw pada joint reng disarankan perjoint adalah 2 bh agar reng lebih kuat dan tidak mlintir bila terinjak.
3. Posisi screw pada joint sambungan truss baja ringan juga berpengaruh terhadap kuat atau tidaknya sambungan baja ringan tersebut. Posisi screw harus sesuai dengan desain software yang telah disarankan untuk menghindari batang truss baja ringan agar tidak mlintir.
4. Pemotongan batang truss Pada area joint sambungan rangka atap kuda-kuda baja ringan juga berpengaruh terhadap kekuatan kuda-kuda baja ringan. Apabila pemotongan melebihi yang seharusnya maka akan terjadi perlemahan pada batang truss baja ringan tersebut dan efeknya truss tersebut dapat patah atau bengkok. Untuk menghindari hal tersebut pemotongan batang truss harus sesuai dengan desain yang disarankan.
5. Keberadaan pengaku datar pada rangka kuda-kuda baja ringan tidak dapat disepelekan, apabila reng pengaku datar dipasang maka kuda-kuda baja ringan jadi lebih kaku dan rangka kuda-kuda baja ringan tidak bergeser
6. Bracing silang dalam kuda-kuda baja ringan diperlukan untuk memperkuat kuda-kuda tersebut sehingga kuda-kuda posisinya lurus vertical atau tidak miring. Apabila posisi kuda-kuda baja ringan miring maka kuda-kuda tersebut dapat menyebabkan rangka atap miring/roboh.
Beberapa hal diatas adalah perlemahan-perlemahan yang sering terjadi pada pemasangan rangka atap baja ringan baik itu galvalume/zincalume ataupun galvanis. Dengan menghindari perlemahan-perlemahan diatas maka kegagalan pemasangan rangka atap baja ringan dapat dihindari. Walaupun pemasangan baja ringan dengan harga murah apabila kaidah-kaidah pemasangan baja ringan tetap diperhatikan maka kualitas yang baik tetap dapat dimiliki.
untuk pemesanan rangka atap kuda-kuda baja ringan galvalume/zincalume atau galvanis dapat via email di hadi_add@yahoo.com atau telp 021 68966180 atau 08811387356

Tidak ada komentar:

Posting Komentar