Selamat Datang

Terima kasih atas kunjungan anda


Kamis, 14 Mei 2009

Koneksi Rangka Kuda-kuda Baja Ringan di Tumpuan




Koneksi Rangka Kuda-kuda Baja Ringan di Tumpuan

Pada dasarnya rangka kuda-kuda baja ringan harusnya bertumpu langsung pada balok sehingga beban dari struktur atap rumah atau genteng langsung di pikul oleh balok. Akan tetapi karena kondisi yang terjadi di lapangan pemasangan rangka kuda-kuda baja ringan untuk terhubung dengan balok memerlukan koneksi.

Beberapa cara dilakukan oleh fabrikator baja ringan/pemasang baja ringan untuk menghubungkan rangka kuda-kuda baja ringan ini dengan balok melalui antara lain sebagai berikut:

1. Sambungan rangka kuda-kuda dengan L braket. Penyambungan rangka kuda-kuda baja ringan dihubungkan dengan screw. Sedangkan L braket terhubung ke balok memakai dinabolt. Mengenai jumlah screw tergantung dari pembebanan yang dihitung dan hasil dari perhitungan dari engineer.

2. Penyambungan dengan siku dibentuk dari truss yang dibentuk menyerupai L braket. Prinsip penghubung ini sama dengan L braket. Akan tetapi dengan menggunakan bahan ini apabila memakai bahan yang tidak terpakai dari sisa-sisa truss maka bahan dapat lebih murah/hemat. Akan tetapi apabila memakai bahan baru untuk dibentuk L braket maka pemakaian truss untuk bahan ini jadi lebih boros.

3. Koneksi berbentuk huruf U atau V. koneksi ini dipakai pada pemasangan rangka kuda-kuda baja ringan yang berbentuk setengah kuda-kuda atau kuda-kuda baja ringan yang menempel pada dinding vertical. Kuda-kuda baja ringan di klem dengan koneksi ini kemudian di dinabolt ke dinding

Pemasangan L braket ini biasanya dilakukan waterpass terlebih dahulu agar pemasangan baja ringan benar-benar flat dan baik.

Untuk order rangka atap baja ringan jenis galvanis atau galvalume/zincalume untuk rumah dapat menghubungi Hadi Suyitno,ST di email hadi_add@yahoo.com atau di Telp 021-689 66 180 atau HP 088 1138 7356

1 komentar:

  1. di lengkapi gambar mas..kalo gak ada gambar mungkin upload dari digital kamera biar org awam tahu persis tumpuan kuda2 pada "ring balok/balok"

    BalasHapus