Selamat Datang

Terima kasih atas kunjungan anda


Senin, 11 Mei 2009

Pemahaman Rangka Atap Baja Ringan



Pemahaman Rangka Atap Baja Ringan
Pemakaian rangka atap baja ringan untuk rumah dipasaran semakin popular, namun ada beberapa hal teknis yang harus dipahami untuk menghindari membeli rangka atap yang salah. Di pasaran saat ini yang beredar ada beberapa jenis antara lain galvalume/zincalume, galvanis, galvalume magnesium. Rangka atap baja ringan adalah struktur bangunan yang tidak bisa dirancang dan dibangun sembarangan,tanpa sistem yang baik yang tidak memperdulikan efek dari kegagalan struktural yang terjadi.

Berikut beberapa pemahaman yang harus diketahui oleh calon pembeli sebelum memutuskan memilih rangka atap baja ringan merk/jenis tertentu

1. sistem rangka atap baja ringan berbeda dengan rangka atap kayu.

Anggapan salah yang beredar di masyarakat adalah bahwa rangka atap baja ringan sama dengan rangka atap kayu untuk rumah. Sesungguhnya profil kayu dan baja ringan adalah dua material yang memiliki mekanika property yang berbeda sama sekali sehingga harus diperlakukan berbeda juga.

Selain itu perlu dicermati bahwa konsep rangka atap baja ringan tersebut merupakan suatu kesatuan sistem yang terintegarasi antara satu rangka dengan yang lain secara struktural. Sehingga tidak boleh diperlakukan sebagai material satuan (batangan). Karena itu dibutuhkan sebuah system yang mampu mengakomodir kebutuhan sistem tersebut.

2. tidak semua material rangka atap baja ringan dengan lapisan coating zinc-aluminium adalah yang sama.

Lapisan zinc aluminium pada baja ringan mempunyai ketahanan karat yang lebih tinggi dibanding lapisan (coating) jenis Zinc (seng) yang sering disebut galvanis. Lapisan baja galvanis harus jauh lebih tebal untuk menyamai ketahanan karat yang sama terhadap coating Zinc Aluminium.

Untuk ketebalan yang sama coating Zinc-Aluminium mempunyai ketahanan karat 4 kali lebih lama dibandingkan coating galavanis. Mutu baja ringan yang digunakan untuk produk struktural idealnya tidak kurang dari 550 Mpa.

3. tidak semua rangka atap baja ringan telah memiliki system .

Memiliki sistem berarti telah memiliki spesifikasi terhadap semua komponen material yang kemudian secara spesifik dirumuskan kedalam program komputer khusus untuk mendesain struktur kuda-kuda baja ringan. Uji struktural dilab harus dilakukan terhadap sebuah disain sebelum struktur kuda-kuda dinyatakan aman untuk digunakan di rumah/bangunan yang lain.

Hati-hati dengan penggunaan program komputer umum rekayasa sipil yang tidak khusus untuk mendisain rangka atap baja ringan. Untuk menghasilkan sistem yang baik diperlukan usaha dan pengalaman puluhan tahun dalam penelitian dan pengembangan sebelum sebuah sistem rangka atap dinyatakan layak untuk digunakan.
Untuk pemesanan/order rangka atap baja ringan rumah dapat menghubungi Hadi Suyitno,ST di email hadi_add@yahoo.com atau telp 021-689 66 180 HP 088 1138 7356

Tidak ada komentar:

Posting Komentar